Senin, 16 Maret 2009

10 Tipe Karakter Kurang Menyenangkan

Menurut Dr. Rick Brinkman dan Dr. Rick Krischner dalam bukunya Dealing with People You Can't Stand : How to Bring Out the Best in People at Their Worst, telah menyebutkan beberapa tipe orang. Mungkin salah satunya adalah yang menjadi karakter pribadi Anda.

Selalu ‘ya’
Tipe orang ini akan selalu setuju, tak banyak bicara dan tidak menolak apapun yang ditugaskan kepadanya. Mungkin maksudnya baik, agar tidak ada konfrontasi dan untuk menyenangkan orang lain. Namun, justru seringkali malah menjadi 'terpaksa' untuk mengiyakan permintaan orang lain, padahal dia tahu bahwa dia tidak mampu mengerjakannya. Akibatnya, ketika deadline tiba, orang yang meminta pertolongan akan menjadi kecewa ketika tahu apa yang terjadi.

‘Penembak jitu’
Licik, mampu ‘membunuh’, dimulai dari komentarnya yang terkesan kasar, sindiran, sarkasme, meremehkan, apapun bentuknya sehingga orang yang menghadapinya tampak bodoh dan tak tahu apa-apa.

‘Granat’
Suka memendam kemarahan atau kekesalannya dalam hati, namun beberapa saat bisa meledak tiba-tiba walaupun karena hal sepele, dan tidak ada hubungannya dengan masalah waktu itu. ‘Ledakannya’ juga bisa menyebar kemana-mana.

Serba paling tahu
Jika ada sesuatu yang dianggap kurang tepat, maka pasti akan selalu mengusik hati. Ketika berusaha diluruskan masalahnya, bukannya menerima, tapi menyerang lebih ganas. Maksudnya adalah untuk menyalahkan orang lain, apapun alasannya, dan untuk mencari pembenaran bahwa orang lain yang salah.

Tank-er
Menyukai konfrontasi, ‘ledakannya’ terfokus, dan membabi buta. Ketika datang, semua takut karena suara ‘gemuruhnya’. Kata-kata kotor dan umpatan bisa keluar dari mulut, walaupun dalam keseharian tampak kalem. Bisa meledak-ledak, bisa mereda, namun juga bisa kembali meledak berkali-kali hingga kehabisan tenaga.

Serba ‘tidak tahu’
Terkadang tipe orang ini sulit ditebak dan membuat orang kesal, memiliki bahasa verbal dan non verbal, dengan kata ‘tidak tahu’.

Pesimistic
Selain pesimis, tipe orang ini juga bisa membuat orang si sekitarnya menjadi tidak bersemangat. Jika orang lain menyampaikan ide, tipe orang ini akan menjawab, “Buat apa...gak bakal bisa deh.” Dengan kata lain, semuanya ‘tidak bisa’.Karena rasa pesimisnya bisa meyakinkan, justru membuat orang di sekitarnya tampak bodoh.

Complain-er
Tipe orang ini suka mengeluh, seolah-olah tak pernah bahagia. Hal terkecil hingga terbesar yang dilihat adalah kekurangannya, sehingga terkadang menjadi lupa bahwa ada hal positif dari segala kejadian. Jika orang di sekitarnya menawarkan solusi, namun keluhan yang berlebihan yang akan diterima.

Cari Perhatian
Tipe orang ini suka ‘menjatuhkan’ orang lain dengan segala bukti-bukti yang sebenarnya palsu, jika diselidiki lebih lanjut. Namun, sesungguhnya tujuannya adalah untuk mencari perhatian, sehingga dirinya menjadi tampak ‘sangat pintar’ di mata orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bruno Mars – Marry You

LYRIC It’s a beautiful night, We’re looking for something dumb to do. Hey baby, I think I wanna marry you. Is it the look in your eyes, Or i...